Berbekal Modal Pengetahuan Yang Saya Miliki, Dengan Niat Tulus Untuk Memajukan Bangsa, Maka Blog Ini Dapat Tercipta. Semoga Bermanfaat Buat Kita Semua. Hidup Indonesia !!!

Monday, February 12, 2018

Mengenal Tampilan/Interface Microsoft Excel 2007

Microsoft Excel merupakan tools yang sangat bermanfaat dan sangat membantu pekerjaan khususnya dalam membantu pengolahan data dan pembuatan grafik. Semakin tingginya permintaan akan keahlian mengoperasikan dan menggunakan aplikasi ini membuat kita harus lebih banyak mengenalnya, sehingga kita dapat lebih mudah untuk menggunakannya dalam membantu pekerjaan.
Pada tutorial kali ini, kita akan membahas tentang antarmuka (interface) Microsoft Excel sebagai pengenalan awal sebelum menggunakannya lebih jauh.
Sebelum menggunakan Microsoft Excel, pastikan aplikasi ini telah terinstal pada perangkat komputer anda. Jika belum terinstal, silahkan lihat cara menginstal Microsoft Excel pada Cara Instal Microsoft Office

Adapun tahapan untuk mulai menggunakan Excel sebagai berikut :
1. Klik Start terlebih dahulu lalu pilih All Programs
2. Jika anda menggunakan Ms. Office 2007, cari opsi menu Microsoft Office lalu klik Microsoft Office Excel 2007.
3. Tunggu sampai beberapa saat hingga terdapat tampilan kerja spreadsheet Microsoft Excel.

Selengkapnya lihat pada gambar berikut :


1. Office Button, New Document, Open, Save, Save As, Print, Prepare, Send, Publish dan Close

2. Quick Access Toolbar, terdiri dari tombol yang dapat mempercepat kerja anda. Isinya hampir sama dengan perintah-perintah di Office Button. Jika anda ingin melihatnya langsung bisa menekan tanda panah

3. Menu Bar, terdiri dari perintah menu utama Microsoft Excel 2007 yaitu Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review, View

4. Title Bar, berisi nama file dan program aplikasi yang sedang aktif.

5. Tool Bar, tombol-tombol bergambar yang memiliki fungsi tertentu dan digunakan untuk menjalankan suatu perintah dengan cepat dan mudah.

6. Name Box, Nama sel yang sedang aktif akan ditampilkan pada Name Box.

7. Sel Aktif,  tempat menuliskan atau mengedit data dan dikelilingi oleh garis batas yang lebih tebal.

8. Column / Kolom, Setiap kolom memiliki nama berdasarkan Abjad, dari kolom A hingga Z, dilanjut AA hingga XFD

9. Formula Bar, anda  bisa mengedit data pada sebuah sel

10. Row / Baris, untuk setiap baris memiliki nama berdasarkan Angka. Dari 1 hingga 1048576

11. Tab Worksheet, perintah dimana anda bisa berpindah ke kertas kerja lain dengan mudah

12. Insert Worksheet, dengan menekan Insert Worksheet anda bisa membuat Worksheet baru yang letaknya berurutan dengan Worksheet sebelumnya

13. Status Bar, Status lembar kerja anda

14. Horozontal Scroll Bar, untuk menggeser tampilan lembar kerja ke samping kiri atau kanan.

15. Vertical Scroll Bar, untuk menggeser tampilan lember kerja ke atas atau ke bawah

16. Zoom, untuk memperbesar dan memperkecil tampilan layar kerja anda

17. Tampilan Layar, untuk merubah tampilan layar kerja anda.

18. Document Area / Area Kerja, merupakan lembar kerja yang aktif