Berbekal Modal Pengetahuan Yang Saya Miliki, Dengan Niat Tulus Untuk Memajukan Bangsa, Maka Blog Ini Dapat Tercipta. Semoga Bermanfaat Buat Kita Semua. Hidup Indonesia !!!

Thursday, June 2, 2016

HUKUM KIRCHHOFF



Hukum Kirchhoff merupakan salah satu hukum penting dalam elektronika yang berfungsi untuk menganalisis arus dan tegangan dalam suatu rangkaian elektronika.
Hukum Kirchhoff diperkenalkan oleh salah seorang ilmuwan dari Jerman bernama Gustav Robert Kirchhoff pada tahun 1845. Hukum Kirchhoff ada 2 yaitu Hukum Kirchhoff 1 (yang berkaitan dengan arah arus dalam sebuah percabangan rangkaian) dan Hukum Kirchhoff 2 (yang berkaitan dengan tegangan dalam sebuah rangkaian elektronika tertutup)
Hukum Kirchhoff 1
Hukum Kirchhoff 1 berbunyi :
“Besarnya arus total yang masuk melalui suatu titik percabangan dalam suatu rangkaian listrik sama dengan arus total yang keluar dari titik percabangan tersebut”
Hukum Kirchhoff 1 juga sering disebut dengan Hukum Arus Kirchhoff atau Kirchhoff’s Current Law (KCL) karena sering digunakan menganalisa arah arus dalam dalam sebuah percabangan rangkaian


Hukum Kirchhoff 2
Hukum Kirchhoff 2 berbunyi :
“Besarnya total tegangan dalam suatu rangkaian tertutup sama dengan nol”

No comments:

Post a Comment